Mengetahui Syarat Utama Burung Kacer Lomba Supaya Bisa Juara

Burung kacer adalah jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Karakter burung kacer ini yaitu memiliki karakter petarung. Maka dari itu, tak heran jika banyak yang memelihara burung ini untuk dilombakan. Ada berbagai hal yang harus dipenuhi sebelum burung kacer lomba terjun ke area gantangan.

Mengetahui Syarat Utama Burung Kacer Lomba Supaya Bisa Juara
rahasiabelajar.com

Inilah Syarat yang Harus Dimiliki Burung Kacer Lomba

Buat Anda yang ingin mengikutkan kacer peliharaan Anda untuk dilombakan, sebaiknya burung kacer Anda harus memenuhi persyaratan seperti berikut ini;

1. Faktor usia

Umur adalah salah satu faktor yang paling menentukan burung kacer siap lomba apa tidak. Faktor ini juga akan berpengaruh terhadap mental dan penampilan. Kacer yang umurnya masih terlalu muda biasanya akan cenderung menunjukkan kekhawatirannya pada saat  musuh berada di dekatnya. Padahal jika dilihat dari segi mental dan penampilannya burung kacer sudah bagus.

Tak hanya itu saja, pada saat dilombakan burung kacer yang masih muda pada umumnya akan tampil dengan penuh emosi. Ini bisa diartikan jika birahi burung kacer ini belum stabil.

Kengototan burung kacer muda biasanya hanya akan berlangsung setengah jalan saja. Setelah itu akan menunjukkan perilaku lainnya yang kurang bagus seperti naik turun tenggeran, mbalon, bahkan burung kacer muda biasanya akan mbagong.

Idealnya, burung kacer akan siap dilombakan pada saat sudah memasuki umur 3 sampai dengan 4 tahun. Hal ini bisa diketahui dari bagian kaki-kakinya yang sudah tampak medang atau bersisik. Kacer yang telah siap dilombakan pada umumnya akan tampil dengan pembawaan yang lebih tenang, akan tetapi suara dan gayanya terlihat sangat bagus dan tegas.

2. Faktor mental

Tak hanya dilihat dari umur, faktor lain yang juga berpengaruh terhadap penampilan kacer pada waktu dilombakan yaitu perihal mental atau keberanian. Seperti yang kita ketahui, burung kacer yang usianya masih muda cenderung mempunyai emosi labil. Jadi, mereka terlihat pemberani hanya pada saat awal-awal lomba saja.

Namun, pada saat berada di tengah perlombaan dan bertemu dengan burung lain yang lebih menguasai lapangan, maka mental burung muda tersebut pasti akan terlihat down.

Meski demikian, Anda bisa melatih jenis burung petarung yang masih muda ini supaya bisa punya mental bagus. Caranya bisa Anda lakukan dengan memberikannya latihan secara berkala. Lakukan pertemuan dengan burung-burung muda lainnya.

Jumlah peserta dalam pertemuan tersebut bisa Anda atur, misalnya cukup 2 sampai dengan 3 ekor saja termasuk burung kacer milik Anda. Dua minggu yang akan datang, Anda bisa menambahkan jumlahnya sedikit demi sedikit, dengan begitu mental burung bisa menjadi lebih terlatih.

3. Faktor penampilan

Burung kacer lomba yang sudah mapan pastinya sudah memiliki penampilan yang bagus. Selain itu mentalnya biasanya juga sudah terlatih dan mudah terangsang berkicau sembari mengeluarkan gaya terbaiknya. Namun, mengenai  gaya atau penampilan biasanya sudah termasuk sifat bawaan burung kacer peliharaan Anda.

Ada burung kacer yang memiliki gaya nyeklek, ada juga yang suka meliuk-liuk. Bahkan yang unik ada juga burung kacer yang sering ndlosor, yaitu posisi dimana bagian kepala lebih rendah jika dibandingkan tubuhnya.

Apapun gaya yang dimiliki oleh burung kacer peliharaan Anda, yang terpenting adalah burung tetap nagen pada saat di atas tangkringan. Dengan posisi nagen ini bisa diartikan jika burung akan terus berkicau sepanjang acara lomba, sejak awal sampai akhir penilaian.

Burung kacer lomba yang sudah memiliki syarat seperti di atas, maka sudah sangat layak untuk dilombakan dan pantas untuk mendapatkan juara.

Link Navigasi & Referensi : HomeHarga Burung • Ring Burung • Kontak AlamatBurung Dilindungi 2024